REZA HURHILMAN - PENGUASAHA MUDA 
KRIPIK MAICIH 





Penguasaha muda yang sukses ini bernama Reza Nurhilman atau yang paling akrab dipanggil 'AXL'. Pria kelahiran Bandung, 29 September 1987 ini merupakan sosok yang yang pekerja keras dan mempunyai banyak inovasi yang luar biasa sehingga dapat menjadikan produknya menjadi sangat fenomenal dan heboh dikalangan masyrakat.

Berawal dari pertemuannya  dengan seorang nenek yang saat itu sedang berjualan kripik dan ia mencoba kripik tersebut.Ternyata kripik tersebut rasanya enak. Reza yang saat itu masih bekerja serabutan dan beberapa kali mengikuti bimbingan motivasi berbisnis, ia pun kembali mengunjungi nenek itu. Ia melihat si nenek hanya menjual kripik hanya dalam waktu tertentu dengan pemasaran yang terbatas.Disitulah terlintas dipikirannya untuk mebangun usaha menjual kripik. Dia menanyakan resep kripik tersebut kepada sang nenek, dan si nenek pun tidak keberatan.

Dengan modal 15 juta, Axl memulai usahanya dengan menjual 50 bungkus kripik per hari dan memberi nama usaha tersebut dengan Kripik Maicih.Dia membuat tingkat kepedasan kripik dari level 1 hingga 5. Dengan media promosi twitter dan facebook, ia memberikan pula sample kripik tersebut kepada keluarga dan kerabatnya.Pada 11 februari 2010, di Paris Van Java Mall, Bandung, digelar acara trademarkmarket. Kesempatan digunakan Axl untuk meluaskan pasar kripik Maicih. Ia merasa terbantu oleh berlangsungnya acara itu.

Nama Maicih, kata mahasiswa Manajemen Universitas Maranatha Bandung ini, diambil dari istilah dompet kecil yang suka dipakai ibu-ibu. Nama ini juga mengandung rasa penasaran konsumen karena terdengar nyeleneh. Pemasarannya dibantu oleh teman-temannya di sekolah menegah atas dan saudaranya. Alhasil, peminat kripik Maicih mulai banyak. 

Dalam menjalankan usahanya, Axl menerapkan prinsip totalitas, loyalitas, dan sinergi. Ia berharap kepercayaan pelanggan terjaga dan kekompakan tim pemasaran tetap berlangsung. Loyalitas terhadap keripik Maicih ini mendorong mereka membentuk satu komunitas yang bernama Icihers. Komunitas ini kebanyakan perempuan. Mereka amat aktif menyebarkan informasi tentang kripik Maicih.

Namun bukan berarti perjalanan bisnis Axl selalu berjalan mulus. Pada November tahun 2010, keripik Maicih tidak diproduksi akibat kurangnya alat penggorengan yang masih memakai tungku. selama sebulania harus memperbaiki tunggu itu. 

Saat ini dalam sehari ia bisa memproduksi 2.000 bungkus dan selalu habis. Ia berencana akan menambahnjumlah produksi mencapai 10 ribu bungkus per hari. Axl, yang berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu, tak menyangka usahanya akan sesukses ini. Saat ini omset penjualan kripik Maicih dalam sehari mencapai Rp. 22 juta dan dalam sebulan bisa mencapai 7 milyar. Harga keripik dibandero antara Rp. 11 ribu dan Rp 15 ribu untuk luar Bandung.


Penguasaha muda yang sukses merupakan impian banyak remaja dan semoga kisah perjalanan bisnis Reza Nurhilman bisa menginspirasi kita semua, dan semakin membangkitkan semangat kita untuk menjadi pengusaha yang sukses, mandiri dan dapat membantu peluang pekerjaan bagi rakyat Indonesia.



-- Peluang Bisnis Waralaba Pisang Goreng Kremes Dan Crispy--

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by SQN community | UD. Pisang Ongol - Ongol | Made in Indonesia