Pisang Raja

Pisang Raja merupakan salah satu buah tropikal yang banyak sekali tumbuh di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia dan Malaysia. Buah yang satu ini cukup populer karena rasanya yang tergolong sangat manis bila dibandingkan dengan buah pisang lainnya.

Tidak hanya rasa manisnya saja yang membuat pisang raja digemari, kandungan Vitamin C dan Vitamin A yang tinggi membuat buah ini menjadi primadona. Vitamin C dan Vitamin A yang terkandung dalam buah ini merupakan anti oksidan yang sangat baik untuk mengurangi dampak radikal bebas dan mencegah kanker.

Buah Pisang raja yang telah matang biasanya langsung dikonsumsi secara langsung, namun beberapa penikmat buah ini terkadang juga mengolahnya menjadi pisang rebus atau pisang goreng. Tidak jarang pula buah pisang yang masih belum matang digunakan sebagai bahan pembuat keripik pisang, sale pisang.

 Klasifikasi Pisang Raja Sama seperti buah pisang lainnya, Pisang raja memiliki batang lunak yang berwarna dominan hijau dan memiliki daun yang sangat lebar. Buah yang dihasilkan tersusun dalam tandan, dan dalam satu tandan bisa terdapat beberapa sisir dengan buah yang tersusun secara menjari. Pisang raja berwarna hijau saat mentah dan akan berubah warna menjadi kuning dengan becak kehitaman ketika matang.

 Berikut ini klasifikasi pisang raja secara lengkap :

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Musales
Famili : Musaceae
Genus : Musa
Species : Musa paradisiaca

**Manfaat Pisang Raja

 Pisang raja merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup kompleks. Buah ini sering kali dipergunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi. Selain kaya akan karbohidrat, pisang raja memiliki kandungan Vitamin A yang cukup besar sehingga para penderita katarak dan rabun senja sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini.

Satu lagi manfaat pisang raja yang paling penting adalah membantu sistem pencernaan agar tetap bekerja dengan optimal. Hal ini tidak terlepas dari kandungan serat dalam buah ini yang terbukti secara efektif mampu mengurangi sembelit

**Khasiat Pisang Raja

1. Dapat menyembuhkan penyakit diverticulitis yaitu radang pada kantong kecil dalam dinding usus. Radang ini menimbulkan rasa sakit pada dinding usus. Kandungan serat, lemak dan minyak pada pisang raja yang melindungi dinding usus sehingga terjadi proses penyembuhan.

 2. Kandungan yang terdapat pada pisang raja juga dapat menyembuhkan radang lambung, maag.

3. Fosfor dan kalsium pada pisang bagus untuk kesehatan tulang.

 4. Pisang raja sebagai sumber tenaga karena tingginya kandungan karbohidrat di dalamnya.

5. Mencegah anemia dengan adanya kandungan zat besi.

6. Asam amino dalam pisang raja dapat mencegah stres dan depresi yaang akhirnya dapat mencegah stroke.

7. Pisang raja juga mengandung probiotik yang dapat mencegah infeksi bakteri.

8. Kandungan potassiumnya dapat mengurangi resiko dari penyakit kanker ginjal.

 9. Mencegah penyakit mata, katarak dan rabun senja.


-- Peluang Bisnis Pisang Goreng Kremes Dan Crispy --

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by SQN community | UD. Pisang Ongol - Ongol | Made in Indonesia