Pisang Sebagai Perawatan Rambut Anda

Memiliki rambut indah adalah idaman bagi setiap wanita. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa rambut adalah mahkota wanita. Demi menjaga keindahan mahkotanya, banyak wanita yang rela menghabiskan banyak uang untuk membeli obat-obat perawatan atau pergi ke salon supaya praktis. Akan tetapi, pergi ke salon sudah pasti akan membutuhkan banyak biaya yang tidak sedikit.

 Jika mau lebih hemat, sebenarnya ada perawatan rambut yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Selain itu, tentu harganya jauh lebih murah dari pada biaya untuk pergi ke salon. Bahan-bahannya pun bisa dbuat sendiri dan sangat mudah ditemui di sekitar kita. Komponen utama untuk membuatnya adalah buah pisang. Ya, pisang! Ternyata pisang mempunyai manfaat untuk rambut, lho!

 Di Indonesia, tidak akan sulit untuk menemukan buah berbentuk lonjong menyerupai bulan sabit ini. Pisang dapat ditemukan di hampir di seluruh wilayah Indonesia, karena memang pada dasarnya pisang tergolong buah-buahan yang tumbuh subur di iklim tropis, di mana cahaya matahari sangat banyak.

Pisang adalah buah yang enak dikonsumsi secara langsung maupun setelah melalui proses olahan, seperti sale atau keripik pisang. Tapi tahukah Anda ternyata selain memiliki rasa yang enak juga menyimpan manfaat yang sangat beragam. Tidak banyak yang tahu manfaat buah pisang memiliki khasiat untuk kecantikan, seperti manfaatnya untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut seperti yang telah dijabarkan sebelumnya.

Sebelum membuat ‘ramuan’ pisang untuk merawat rambut agar tetap indah, ada baiknya untuk mengetahui apa saja manfaat pisang untuk rambut. Buah pisang mengandung vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk melembabkan kulit kepala, serta melembutkan rambut yang kasar. Selain itu, buah lezat berbentuk lonjong ini juga mengandung emollient. Emollient sangat baik untuk merawat kesehatan rambut. Sama seperti vitamin dan mineral, manfaat emollient juga untuk melembabkan kulit kepala serta melembutkan rambut. Pisang juga mengandung zat besi yang dapat menguatkan akar rambut. Jadi, untuk yang mempunyai masalah dengan kerontokan, buah pisang bisa jadi solusi. Silahkan dilihat post tentang kandungan gizi dan manfaat buah pisang.

 Nah, sudah tahu kan manfaatnya? Sekarang mari kita ulas bagaimana cara mengolah pisang menjadi masker untuk rambut. Berikut adalah beberapa resep pisang untuk perawatan rambut :

 • Agar rambut semakin kuat dan berkilau. Untuk membuat rambut tampak berkilau, kuat sehingga tidak mudah atau rontok. Bahan-bahan yang diperlukan adalah satu buah pisang ambon, satu sendok makan minyak sunflower atau minyak bunga matahari, dan satu setengah sendok makan sari jeruk nipis.

 Cara membuatnya adalah dengan menghancurkan pisang ambon sampai halus. Setelah itu campurkan minyak sunflower serta sari jeruk nipis, lalu semuanya diaduk sampai merata campurannya. Oleskan campuran tersebut pada rambut dari akar hingga ujung rambut sampai merata. Setelah itu tutup kepala dengan handuk dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu, bilas rambut dengan air hangat sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini seminggu sekali.

 • Melembabkan kulit kepala Agar kulit kepala tidak kering, bahan-bahan yang dibutuhkan selain buah pisang adalah minyak zaitun sebanyak satu sendok teh, dan santan. Minyak zaitun yang sebaiknya yang extra virgin, yang bisa dibeli di apotik. Santan yang dibutuhkan harus dari kelapa yang sudah tua.

 Cara membuatnya, pertama-tama hancurkan pisang sampai halus. Kemudian masukkan minyak zaitun serta santan sampai semua bahan tercapur rata. Setelah bahan jadi, gosokkan pada rambut yang telah dicuci sebelumnya. Biarkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih. Perawatan ini bisa dilakukan seminggu sekali.

bagaimana? berminatkah anda untuk mencoba ramuan ini?











-- Peluang Usaha Bisnis Pisang Goreng Kremes Dan Cripy --

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by SQN community | UD. Pisang Ongol - Ongol | Made in Indonesia