Masa Depan Bisnis Franchise

Berbagai kategori bisnis franchise luar negeri yang sukses di negeri asalnya, masih menunggu listing untuk dibawa ke tanah air. Misalnya, di kategori otomotif, berbagaijenis usaha belum ditarik ke Indonesia. Sebut saja bisnis sparepart, yang di luar negeri sukses belum ada peminat dalam negeri yang membidiknya untuk dicobakan peruntungannya di pasar dalam negeri.

waralaba pisang
Peluang Bisnis Waralaba Pisang Goreng Kremes dan Crispy

Di kategori bidang usaha ini, ada juga bisnis luar negeri yang mengkhususkan pada produk atau jasa layanan seperti muffler & brake repair. Lalu  paint & body painting atau radiator service. Jenis-jenis bidang usaha di kategori otomotif ini belum ada yang dibawa dari luar negeri. Jika mengacu ke sejumlah populasi kendaraan di Indonesia, sudah pasti pasarnya sangat besar.

Di kategori lain, seperti di business service, kategori bisnis seperti collection, commercial cleaning, staffing, mail/shipping/packaging belum ada yang ditarik dari luar negeri untuk dibawa ke Indonesia.

Di kategori food, juga masih banyak bisnis yang di luar negeri sukses, tetapi belum ditarik masuk ke Indonesia seperti toko candy/snack, juice bar, seafood, tea dan berbagai kategori lainnya.

Memang, sebagian dari kategori bisnis itu ad yang sudah dikembangkan oleh enterpreneur lokal. Tapi sebagian besar masih kosong, alias belum ada yang menggarapnya. Bisnis-bisnis tersebut bisa jadi peluang bagus bagi para peminat atau master franchise yang ingin mengembangkannya di Indonesia. Setidaknya, pasar luar negeri sudah lebih dahulu  memiliki pengalaman untuk mengembangkan jenis-jenis usaha seperti itu.

Di kategori bisnis yang menggarap pasar anak-anak juga banyak yang belum ditarik ke dalam negeri. Nampaknya, pasar luar negeri jauh lebih kreatif. Sehingga varian yang lebih segmented sudah berkembang di sana. Di Indonesia sendiri, pasar sebenarnya sudah terfragmentasi pada segmen-segmen tertentu. Jika digeluti atau menarik bisnis dari luar negeri yang memang membidik segmen tertentu, bisa jadi ke depan malah lebih berkembang. Barangkali, tinggal tunggu waktu saja, bisnis franchise yang belum masuk itu akan berkembang di Indonesia juga. Istilahnya, siapa cepat dia dapat.

Peluang Bisnis Waralaba Pisang Goreng Kremes dan Crispy





waralaba pisang

1 komentar:

PPC Adrewa mengatakan...

Waralaba Pisang Goreng pasti sangat enak

Posting Komentar

 
Design by SQN community | UD. Pisang Ongol - Ongol | Made in Indonesia