Manfaat Buah Pisang Untuk Bayi

Apabila sebelumnya kita membahas manfaat pisang untuk ibu yang sedang hamil, sekarang kita akan membahas manfaat pisang untuk bayi.
Memperkenalkan pisang pada bayi sudah menjadi kebiasaan orang tua zaman dulu. Memberikan pisang sebagai makanan padat pertama untuk bayi. Pisang juga merupakan buah yang ideal untuk diberikan sebagai makanan padat pertama untuk bayi berumur 4-6 bulan atau bayi yang sudah siap makan makanan padat atau semi padat. Nutrisi yang ditemukan dalam pisang tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa tetapi juga baik untuk bayi, balita dan ana-anak. Berikut beberapa alasan mengapa buah pisang baik diperkenalkan sebagai makanan pertama pada bayi.




Mudah Dicerna: Pisang yang telah matang begitu lembut sehingga lebih mudah dihancurkan oleh gigi serta bisa melewati tenggorokan dengan mudah. Selain karena lembut, rasa manis dari buah ini juga sangat disukai oleh bayi dan mereka pada umumnya selalu menelannya. Tumbuk pisang hingga halus agar lebih mudah dimakan oleh bayi dan memeberikan banyak energi untuknya.

Mengatasi Masalah Sembelit: Sembelit biasanya juga umum terjadi pada bayi dan balita. Sangat susah bagi Ibu jika bayinya mengalami kesulitan BAB karena mereka pasti rewel dan gelisah. Karena bayi hanya bisa berbaring dengan punggung, maka akan sulit bagi merek untuk mendorong kotoran keluar dan dapat mengakibatkan sembelit. Memberikan pisang segar yang dihaluskan akan membantu mengatasi sembelit pada bayi, serta juga untuk mencegahnya. Pisang mengandung serat makanan yang cukup tinggi, dimana akan membantu usus mendorong kotoran tanpa kesulitan.

Mengontrol Diare: Diare juga merupakan salah satu masalah utama yang banyak diderita oleh bayi. Diare pada bayi seringkali disebabkan oleh virus seperti rotavirus. Dalam kasus ini, prioritas utama adalah harus konsultasi segera dengan dokter anak anda. Sementara itu pastikan bahwa bayi telah mendapatkan cukup ciran untuk dehidrasi dengan banyak memberikan susu dan memberikan makanan seperti pisang, bubur halus, atau sereal. Ini bisa diberikan untuk balita yang sudah makan makanan padat atau semi-padat.

Menyediakan Nutrisi Penting: Buah pisang segar kaya akan zat gizi, seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, belerang, zat besi dan tembaga, dimana yang merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan pada bulan-bulan awal perkembangan bayi. Kalium adalah nutrisi penting untuk menjaga fungsi otot dan untuk menjaga sel darah dan hemoglobin yang baik. Kalsium adalah mineral penting untuk perkembangan tulang yang juga banyak ditemukan dalam buah pisang.

Buah Yang Tak Menyebabkan Alergi: Alergi makanan biasanya timbul karena intoleransi pencernaan asam amino pada sebagian orang. Pisang mengandung asam amino yang lebih sederhana atau jinak, sehingga sebagian besar mudah dicerna. Hal ini membuat pisang menjadi makanan yang ideal untuk bayi karena mudah dicerna dan tidak menimbulkan alergi.

Bagus Untuk Gangguan Infeksi Saluran Kemih: Bayi dan balitan umumnya lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih. Gejala ini mungkin termasuk demam, sering atau jarang BAK, atau urine berbau dll. Dalam keadaan ini, selain harus konsultasi dokter anak, memberikan pisang yang dihaluskan juga bisa memberikan manfaat. Hal ini diyakini karena buah kuning ini juga berkhasiat dapat membersihkan saluran kemih dari racun yang menumpuk.

Peringatan!!!!
* Pisang mentah tidak boleh diberikan kepada bayi dengan alasan apapun, karena masih sangat    sulit untuk dicerna. Pastikan jika buah ini sudah berwarna kuning dan lunak atau telah masak betul.
*Lebih baik untuk mengindarkan makan pisang untuk bayi anda jika ia sedang batuk atau demam. Selain itu, sebaiknya memberikan pisang untuk bayi pada saat cuaca sedang hangat atau siang hari.

Pisang hijau, pisang raja, pisang susu dan pisang kepok adalah beberapa jenis pisang yang baik dan lezat sehingga sangat cocok diberikan pada bayi.


--- Peluang Bisnis Waralaba Pisang Goreng Kremes dan Crispy ---

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by SQN community | UD. Pisang Ongol - Ongol | Made in Indonesia