About Franchisee



waralaba pisang
Peluang Bisnis Waralaba Pisang Goreng Kremes dan Crispy

Membeli warala menjadi pilihan bisnis yang menarik dibanding membuka usaha sendiri. Membuka usaha sendiri tingkat resikonya lebih besar, dibanding membuka usaha franchise. Pasalnya, ada faktor “Try and Error”. Jadi kemungkinan gagalnya juga relatif besar.

Membeli waralaba, resiko kegagalan dapat ditekan. Sebab, pemilik merek atau franchisor sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk mendukung kesuksesan investornya. Dari survey lokasi, produk, pemakaian merek, promosi, perizinan, SOP, dan lain sebagainya.

Lalu apa benefit membeli bisnis franchise? Pertanyaan ini sering dilontarkan banyak calon franchisee atau investor. Alasan utama franchisee membeli franchise adalah dari sebuah riset yang pernah kita lakukan 41% menjawab membeli franchise sama dengan membeli merek & sistem yang sudah teruji. Lalu 35% menjawab untuk investasi dengan return yang lebih tinggi dan hanya 18% dengan alasan ingin menjadi pengusaha.

Membeli franchise sejatinya terdiri dari dua pilihan. Pertama menjadi franchisee atau kedua menjadi master franchise. Menjadi franchisee adalah memiliki hak terhadap suatu merek bisnis tertentu untuk dikelola di suatu tempat namun tidak boleh menjual hak tersebut ke orang lain. Sedangkan master franchise adalah franchisee yang telah membeli hak eksklusifitas untuk wilayah atau area tertentu yang cukup luas, dimana master franchise mempunyai kewajiban untuk pengembangan outlet di wilayah tesebut dan mempunyai hak untuk menjual single unit franchise dengan berbagi macam keuntungan seperti: pembagian persentase atas komisi penjualan franchise (fee), royalty fee, marketing fee, dan juga bahkan merchandising profit.

Jika anda tertarik menjadi master franchise, disamping ada benefit yang didapatkan, anda juga mempunyai kewajiban yang tidak mudah dijalankan. Salah satu kewajiban inti master franchise (khususnya internasional) adalah menjalankan sistem dan operational sebagai seorang franchisor di wilayah yang dibeli, seperti rekrutmen franchisee, initial support, pre opening assistance, training, ongoing support, distribusi product, service, management,  marketing, dan lain sebagainya.

Pada umumnya franchisor membuka peluang master franchise dikarenakan: faktor distribusi product, sentral kitchen (F&B), faktor kontrolling (untuk outlet yang sangat banyak), dan lain sebagainya.

Bagi investor yang berminat untuk mengambil master franchise disarankan untuk berhati-hati, apakah merek usaha yang ditawarkan bisa dijalankan di area tersebut? Bagaimana dukungan marketing franchisor? Apakah teritory yang diberikan  cukup sebanding dengan potensial growth yang ada? Apakah master franchise fee yang dibayarkan mempunyai keuntungan yang cukup untuk balik modal? Janganlah teriming-iming dengan pembagian franchise fee, royalti fee, dan lain sebagainya, perhatikan jika memang faktor perluasan di area yang anda beli mempunyai potensi pasar yang cukup.

Peluang Bisnis Waralaba Pisang Goreng Kremes dan Crispy





waralaba pisang

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by SQN community | UD. Pisang Ongol - Ongol | Made in Indonesia